Menyingkap Keuntungan Dibalik Ragam Akun Broker FXOptimax Indonesia

    13 Apr 2016     4147

Ragam akun dengan berbagai macam spesifikasinya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu broker. Pilihan spread, besar lot dan deposit minimal, serta ketentuan leverage yang bervariasi memang bisa mencerminkan keluwesan broker dalam menyediakan kondisi tradingnya. Hal itulah yang coba ditawarkan oleh broker FXOptimax lewat berbagai tipe akun tradingnya. Lalu, akun apa sajakah variasi yang bisa kita dapatkan di akun-akun FXOptimax? Adakah keistimewaan dan keuntungan dari masing-masing akun tersebut?

ragam akun fxoptimax

 

Akun Pro

Sesuai dengan namanya, akun ini memiliki beberapa kondisi yang terkesan disediakan untuk para trader profesional. Hal itu terlihat dari ketentuan deposit minimumnya yang ada di kisaran 100 USD, jauh lebih tinggi dari 2 jenis akun lainnya. Selain itu, akun pro FXOptimax juga dilengkapi dengan leverage hanya sampai 1:500 dan komisi $7/lot per round turn.

akun fxoptimax pro
Walaupun demikian, tak semua kondisi trading di akun ini terkesan "mahal" dan tidak kondusif untuk pemula. Buktinya, lot minimum di akun pro masih ditentukan di kisaran lot micro, yakni 0.01. FXOptimax juga memberikan sistem pricing 5 digit, sehingga pergerakan harga di platform bisa terhitung lebih rapat dan akurat. Komponen tersebut kemudian dilengkapi dengan spread mengambang serendah 0 pip. Jadi, meskipun akun pro menerapkan sistem komisi, Anda bisa memperoleh floating spread paling rendah di sini.

 

Akun Precision

Akun ini memiliki kemiripan dengan akun pro karena sama-sama memiliki sistem kuotasi 5 digit. Hanya saja, akun precision memiliki beberapa kondisi yang lebih sesuai untuk trader baru. Selain deposit minimal yang cuma 10 USD, akun precision juga diwarnai dengan leverage hingga 1:1000, serta lot minimum 0.01.

akun fxoptimax precision
Meskipun begitu, trading di akun precision FXOptimax juga memiliki kelemahan dalam hal spread. Jika dibandingkan dengan spread akun pro di atas, maka bisa dikatakan bahwa akun precision ini memiliki spread yang lebih tinggi, yaitu mulai 1.8 pip. Kelebihannya, tidak ada komisi yang ditetapkan di akun ini, sehingga Anda tak perlu khawatir tentang adanya biaya trading tambahan.

 

Akun 4-Digits

Inilah satu-satunya akun yang sedikit unik di FXOptimax. Sesuai dengan namanya, akun ini menawarkan sistem pricing klasik 4 digit. Tak cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan model fixed spread hanya di akun ini. Berbeda dengan spread mengambang yang cenderung sangat variatif dari waktu ke waktu, fixed spread memberikan kemudahan untuk bisa trading dengan kisaran spread yang lebih stabil. Banyak penggemar fixed spread berargumen bahwa kondisi ini lebih menguntungkan daripada spread mengambang, namun ada juga yang tak meyakini keuntungan dari jenis spread ini. Terlepas dari pro kontra yang melingkupi fixed spread, adanya kondisi ini di akun 4-digits patut dicermati sebagai upaya FXOptimax dalam menyediakan kondisi trading yang variatif untuk mengakomodasi berbagai macam kebutuhan trader.

akun fxoptimax 4-digits
Selain kuotasi harga dan spread, tak banyak perbedaan antara akun 4-digits dengan akun-akun FXOptimax lain. Contohnya, leverage dan deposit minimal di akun ini punya ketentuan maksimum yang sama dengan akun precision. Sementara untuk lot minimal, akun 4-digits sama-sama memiliki ketentuan 0.01 lot, persis seperti kondisi di akun pro dan precision.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih mengenai spesifikasi trading di masing-masing akun FXOptimax, coba perhatikan tabel di bawah ini:

ragam akun fxoptimaxKlik gambar untuk memperbesar tabel

 

Jenis Akun Lain

Tak hanya menyediakan akun trading biasa, broker FXOptimax juga memiliki akun PAMM dan akses ke platform lain yang memfasilitasi auto trading.

 

Akun PAMM

FXOptimax menawarkan akun ini khusus bagi para trader yang berminat mendaftar sebagai manajer atau investor PAMM. Posisi manajer umumnya dihuni oleh mereka yang sudah berpengalaman dan punya profitabilitas trading tinggi. Dalam sistem PAMM, para manajer mengelola dana trading dari investor dan mendapat keuntungan dari komisi serta persentase profit. Distribusi keuntungan ini sudah diatur otomatis oleh FXOptimax, sehingga para manajer tinggal mengatur tingat komisi dan persentase profit yang diinginkan saja, tanpa harus repot-repot menghitung dan membagikan hasil trading ke para investor secara manual.

akun fxoptimax pamm
Sementara itu, peran investor umumnya diisi oleh para trader baru, atau mereka yang ingin bertrading tapi tak punya waktu. Investor menanamkan dananya ke manajer yang dipercaya, dan keuntungan akan diperoleh saat manajer meraih profit dalam tradingnya. Oleh karena itu, investor harus selektif dalam memilih manajer dengan performa trading yang menjanjikan. Untuk mempermudah investor mencari manajer PAMM terbaik, FXOptimax telah menyediakan tabel "Top PAMM Project". Tabel tersebut mengurutkan daftar manajer berdasarkan raihan performa trading mereka. Ada keterangan mengenai total return yang telah dihasilkan, jumlah investor yang menjadi pengikutnya, kisaran investasi minimum, dll.

 

Akun Myfxbook

Bagi Anda yang suka ber-copy trading, FXOptimax menyediakan akses khusus ke beberapa platform auto trading. Salah satunya adalah Myfxbook, yang menyediakan tempat bagi komunitas trader untuk berbagi ide dan menjalankan copy trading. Myfxbook juga mempunyai interface platform yang bisa serta membandingkan performa trading Anda sendiri dengan trader-trader lain. Anda bisa bergabung di sistem AutoTrade dari Myfxbook hanya dengan memiliki akun trading di FXOptimax. Namun demikian, ada syarat deposit minimum sebesar 1000 USD yang perlu diperhatikan.

akun fxoptimax myfxbook

 

Berikut ini cara-cara mendaftarkan akun FXOptimax Anda di Myfxbook:

  1. Jika Anda belum memiliki akun trading FXOptimax, silahkan daftar akun dulu
  2. Login ke kabinet klien MyFXOptimax
  3. Buka bagian Deposit, lalu pilih Deposit From Cash Account
  4. Pada kolom Account, klik FXOptimax Myfxbook Account
  5. Isi bagian Amount dengan jumlah deposit yang akan Anda transferkan dari akun FXOptimax biasa ke akun Myfxbook (min. 1000 USD)
  6. Isi Pin sesuai dengan pin login Anda, lalu klik Process
  7. Selanjutnya, Anda tinggal melengkapi form pendaftaran di Myfxbook

 

Akun SignalTrader

SignalTrader merupakan sistem auto-trading yang dikenal simpel namun memiliki evaluasi ketat terhadap kualitas para penyedia sinyal. Platform ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membangun portofolio dengan strategi trading dari para trader profesional. Hampir sama dengan syarat pendaftaran di atas, Anda cukup memiliki akun trading FXOptimax untuk bisa terhubung ke sistem SignalTrader. Tapi di sini, Anda bisa lebih diuntungkan karena tidak ada ketentuan deposit minimal apapun.

akun fxoptimax signaltrader

Ada tiga tahap sederhana yang bisa menghubungkan akun FXOptimax Anda ke platform SignalTrader, diantaranya adalah:

  1. Daftar FXOptimax bila Anda belum mempunyai akun trading di broker ini
  2. Lengkapi formulir pendaftaran.
  3. Koneksikan FXOptimax Signal Traders Anda ke sistem

 

Akun ZuluTrade

ZuluTrade bisa dikatakan sebagai salah satu platform auto trading paling populer saat ini. Sistem ZuluTrade sebenarnya mempunyai fungsi yang tak jauh beda dengan kedua model auto trading di atas. Hanya saja, di sini Anda masih akan mempunyai kontrol atas akun Anda dan dapat bertrading manual, meski telah mendaftarkan diri untuk berlangganan sinyal copy trading di trader lain yang lebih profesional. Berbeda dengan dua akun yang terhubung dengan platform-platform sebelumnya, akun ZuluTrade memiliki beberapa kondisi trading yang lebih spesifik, diantaranya adalah:

  • Deposit minimal mulai 500 USD
  • Spread mengambang mulai 1.6 pip
  • Komisi sebesar 1 pip
  • Leverage hingga 1:500
  • Support untuk penggunaan lot micro
  • Hedging dan scalping diperbolehkan

akun fxoptimax zulutrade
Cara menghubungkan akun broker FXOptimax Anda ke ZuluTrade hampir sama dengan langkah-langkah yang terdapat di akun Myfxbook. Jika Anda sudah memiliki akun FXOptimax, maka Anda hanya perlu:

  1. Login ke Myfxbook
  2. Buka Deposit, lalu pilih Deposit From Cash Account
  3. ada bagian Account, klik New FXOptimax ZuluTrade
  4. Lengkapi bagian Amount dengan jumlah deposit yang akan Anda transfer ke akun ZuluTrade (minimal 500 USD)
  5. Isi kolom Pin dengan pin login Anda, lalu klik Process

 

Pilih Akun Yang Mana?

Banyaknya ragam akun trading di atas mungkin sekilas membingungkan. Namun dalam memilih akun sebenarnya mudah saja, karena Anda cuma perlu menyesuaikan dengan kebutuhan trading Anda. Misalnya saja, bila Anda ingin bertrading sendiri, Anda bisa fokus pada pilihan akun pro, precision, dan 4-digits saja. Dalam memilih akun trading terbaik diantara ketiganya, Anda bisa menyesuaikan dengan ketentuan deposit minimal dulu. Bila angka 100 USD masih dinilai terlalu tinggi, maka Anda bisa mempertimbangkan antara akun precision dan 4-digits. Kemudian, perhatikan mengenai perbedaan paling mencolok dari kedua akun tersebut; sistem pricing dan jenis spread. Bila Anda suka trading dengan kuotasi 5 digit dan spread mengambang yang rendah, maka akun precision-lah tipe akun yang tepat bagi Anda.

pilih akun fxoptimax
Gambaran di atas tentu hanya menjadi contoh belaka. Anda bebas menyesuaikan keperluan trading Anda dengan masing-masing spesifikasi dari ragam akun FXOptimax. Inilah keuntungan dari banyaknya pilihan akun yang tersedia di suatu broker: Anda bisa lebih fleksibel dalam memilih akun apa yang bisa memfasilitasi kebutuhan trading Anda. Dalam hal ini, FXOptimax memang menyediakan berbagai macam kondisi trading, mulai dari yang paling umum seperti variasi deposit minimal, leverage, dan spread, hingga yang paling khusus seperti ragam kuotasi harga dan akses ke platform auto trading.

 

Selain bermacam-macam pilihan akun dengan spesifikasi trading yang tak kalah beragamnya, FXOptimax juga menawarkan fix rate untuk memanjakan trader Indonesia. Simak info lebih lengkap tentang promo tersebut di sini.